Meninjau Kesetaraan Fasilitas pada Kampus A dan B

Meninjau Kesetaraan Fasilitas pada Kampus A dan B

Sumber gambar: Tim Konten Kreator LPM Progress

 

LPM Progress - Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) memiliki 2 gedung kampus, yaitu Unindra kampus A dan Unindra kampus B. Kampus A berlokasi di Jl. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan. Sedangkan kampus B berlokasi di Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur. Kedua kampus tersebut sering menjadi perdebatan di kalangan mahasiswa Unindra karena adanya perbedaan fasilitas seperti musala, perpustakaan, jumlah ruang kelas, taman dan lingkungan kampus.

Sumaryoto selaku Rektor Unindra menjelaskan, bahwa kedua gedung tersebut memang berbeda dari segi sejarah dan pembangunannya. Kampus A dibangun pada tahun 2001, sedangkan kampus B dibangun pada tahun 2010. Kampus A merupakan unit 1 yang memang gedungnya lebih banyak digunakan sebagai ruang kantor dibanding ruang kelas untuk kuliah. Sedangkan kampus B lebih banyak digunakan untuk perkuliahan.

"Nah karena dari segi penggunaan berbeda, maka fasilitasnya pun berbeda," ucap Sumaryoto saat diwawancarai di ruangannya (24/3).

Fasilitas-fasilitas yang ada di Kampus A terdiri dari musala, ruang laboratorium, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), ruang pascasarjana di lantai 2, ruang kuliah di lantai 3 dan 4, serta gedung guru yang difungsikan untuk jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Sedangkan fasilitas di kampus B berjumlah lebih banyak daripada kampus A. Untuk fasilitas lain seperti musala, taman, perpustakaan, dan lain sebagainya berbeda karena sejak awal gedung A memiliki lahan yang sempit.

"Jadi jika menuntut untuk fasilitas yang sama seperti masjid, tentu tidak bisa," ujar Sumaryoto.

Menurut Sumaryoto, kondisi minimal fasilitas di kampus A sudah cukup memadai seperti kamar mandi, musala dan juga laboratorium. Begitu pun fasilitas yang ada di kampus B, seperti ruang kelas, taman yang cukup luas, dan suasana lingkungan kampus yang berbeda.

Karena terdapat perbedaan fasilitas antara kampus A dan kampus B, maka jumlah mahasiswa disesuaikan. Jumlah mahasiswa yang berkuliah di kampus A tidak sebanyak jumlah mahasiswa di kampus B.

 

Penulis: Annisa Sri Mursinah

Wartawan: Naptalia

Editor: Lisda Azizah