Himalkom IPB Gelar Webinar Nasional IT Today 2020

Himalkom IPB Gelar Webinar Nasional IT Today 2020

Keterangan Gambar : Poster Webinar IT Today

 

LPM Progress – Minggu (6/9) diselenggarakan National Webinar IT Today 2020 oleh Departemen Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Pertanian Bogor (IPB) bersama dengan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer (Himalkom). Seminar nasional ini ditujukan kepada mahasiswa atau khalayak umum yang tertarik dengan bidang IT. Acara ini mengusung tema “Empowering Future Generation with Disruptive Mindset” yang diselenggarakan melalui platform digital yaitu, aplikasi Crowdcast.

Acara IT Today ini merupakan acara yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya oleh Himalkom. Rangkaian acara terdiri dari sambutan oleh Sekertaris Departemen Ilmu Komputer IPB, Ibu Karlisa Priandana, lalu pemberian materi oleh 3 pembicara yaitu: Andreas Sanjaya, seorang lulusan Universitas Indonesia jurusan komputer yang telah mengembangkan aplikasi bernama Igrow. Pembicara kedua adalah Febriadi Pratama, seorang CEO dan Chairman at Gringgo dan pembicara ketiga adalah Panji Wasmana, seorang Chief Technology Officer, IBM Indonesia. 

Tujuan Himalkom menyelenggarakan acara ini ialah untuk menginformasikan lebih jauh tentang dunia teknologi saat ini dan yang akan datang kepada semua masyarakat, terkhusus mahasiswa.

Menurut Reza Achmad Naufal selaku ketua pelaksana seminar nasional IT Today IPB 2020, dengan mengusung tema tersebut menurutnya hal ini bisa menjadi salah satu cara yang baik untuk mewujudkan tujuan dari penyelenggaraan acara ini, dan diharapkan dapat mempersiapkan generasi masa depan dengan pola pikir disruptif yang siap sedia bertindak tanpa batasan ruang dan waktu. Cepat, ringkas dan cerdas adalah hal yang menjadi bagian dalam disruptive mindset.

“Jadi disruptive mindset adalah salah satu pemikiran yang maju ke depan, dimana mengharuskan kita untuk bergerak tanpa batasan ruang dan waktu. Sebagai contoh pada zaman dahulu ketika kita ingin berkomunikasi dengan orang lain yang berjarak jauh, kita hanya bisa berkomunikasi melalui pos sehingga dapat memakan waktu berhari-hari. Namun di zaman sekarang yang serba modern ini, komunikasi bisa dapat dilakukan dengan bantuan internet, tanpa memerlukan waktu berhari-hari,” tutur Reza

Webinar tahun ini sangat di luar ekspektasi panitia, karena 200 tiket terjual habis dalam waktu kurang dari sebulan, yang artinya antusiasme peserta dari seminar nasional ini sangatlah besar. Berdasarkan form feedback yang diberikan panitia, peserta juga merasa puas dengan pelaksanaan seminar nasional ini.

“Harapan saya peserta bisa mempraktikan ilmu-ilmu yang telah dipelajari dalam acara seminar nasional ini dan mereka bisa lebih mudah menentukan arah tujuan mereka di bidang teknologi yang mana akan mereka ikuti dan mereka kembangkan,” imbuhnya.

Selain harapan untuk para peserta yang telah mengikuti seminar, Reza juga memiliki harapan untuk acara IT Today selanjutnya.

“Untuk event IT Today selanjutnya saya berharap, agenda acara yang sukses diadakan di tahun ini akan diadakan lagi ditahun berikutnya, bahkan alangkah lebih baik dapat lebih berkembang dan bermutu lagi acaranya. Informasi yang akan disampaikan pun lebih bermanfaat baik untuk masyarakat Indonesia maupun panitianya tersendiri dan pastinya harapan saya tahun depan bisa lebih meriah lagi,” ujar Reza.

 

Reporter : Fitriyatul Hasanah

Penulis : Fitriyatul Hasanah

Editor : Refa Tri Ustati